4 Fakta Unik Ikan Salmon Untuk Tubuh

Terasa lezat ketika disantap, ikan salmon memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Bahkan, ikan laut ini disebut-sebut sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia.

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan salmon setidaknya dua porsi per minggu. Salah satu manfaat ikan Salem adalah mampu membantu menurunkan berat badan.

Berikut empat fakta mengenai ikan salmon yang wajib diketahui:

1. Kandungan nutrisi dalam ikan salmon

Cara yang dinilai tepat dalam menurunkan berat badan adalah melakukan defisit kalori dengan mengurangi porsi makan dan atau berolahraga lebih intens.

Ketika melakukan defisit kalori, penting untuk mengisi diet dengan makanan kaya nutrisi seperti ikan Salem. Satu porsi ikan salmon (sekitar 85 gram) yang sudah dimasak mengandung 140 kalori, 5 gram lemak, dan 21 gram protein.

Bukan cuma rendah kalori dan sarat akan protein, ikan Salem juga merupakan sumber vitamin B, vitamin D, fosfor, selenium, dan kalium yang baik.

2. Bukti ikan salmon dapat menurunkan berat badan

Korelasi antara asupan ikan Salem dan penurunan berat badan dikaji dalam studi di tahun 2007 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity.

Baca Juga:   6 Hal Penting Agar Memiliki Tidur Malam Berkualitas Yang Perlu Diperbaiki

Studi tersebut mengungkap, pria dengan kelebihan berat badan yang menerapkan diet rendah kalori disertai asupan ikan salmon kehilangan berat badan 0,9 kilogram lebih banyak. Hasil itu dibandingkan dengan peserta pria yang mengikuti diet rendah kalori namun tidak mengonsumsi ikan salmon.

Namun, temuan studi lain pada 2013 yang diterbitkan di BMC Public Health bertolak belakang dengan temuan studi lama.

Hasil studi itu tidak menemukan manfaat penurunan berat badan pada sekelompok orang dewasa dengan kelebihan berat badan yang menjalani pola diet serupa.

Artinya, dibutuhkan studi lebih lanjut untuk menentukan apakah ikan Salem benar-benar dapat membantu mengurangi berat badan.

3. Kandungan protein bantu penurunan berat badan

Meski ikan Salem tidak dianggap sebagai “makanan ajaib” yang bisa menurunkan berat badan, kandungan protein dalam ikan tersebut memberikan manfaat bagi individu yang mencoba membentuk tubuh ideal.

Protein memberikan rasa kenyang dan menunda rasa lapar lebih baik daripada karbohidrat atau lemak. Pengendalian rasa lapar inilah yang menjadi manfaat utama ketika kita menerapkan diet rendah kalori.

Baca Juga:   10 Strategi Ampuh untuk Tidur Nyenyak Saat Berpuasa: Tips Teruji & Terbukti

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan, konsumsi makanan kaya protein dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

Dengan menambahkan makanan kaya protein seperti ikan Salem secara rutin, kita dapat memertahankan massa otot saat kita kehilangan lemak.

4. Tips menyajikan ikan salmon

Ikan Salem dapat diolah dalam berbagai cara, mulai dari dipanggang, direbus, hingga digoreng. Karena merupakan ikan yang secara alami berlemak, tidak usah menambahkan banyak minyak untuk meningkatkan rasa.

Sebelum dimasak, olesi kedua sisi ikan dengan sedikit minyak zaitun, dan dibumbui lada serta sedikit garam.

Kita bisa memberikan tambahan lemon, bawang putih atau jahe untuk menyedapkan rasa tanpa kalori. Bisa juga menambahkan madu untuk sentuhan rasa manis.

Nah, itulah sedikit mengenai penjelasan fakta unik ikan salmon bagi tubuh yang bisa menurunkan berat badan atau konsumsi untuk pelaku diet. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.