7 Cara Ampuh Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10: Panduan Terkini yang Wajib Anda Ketahui

Selamat datang kembali di Koranfakta, tempat di mana kita selalu berusaha memberikan informasi terkini dan berguna untuk kamu, Sobat Koranfakta. Dalam artikel ini, kita akan membahas topik yang mungkin pernah dialami oleh banyak dari kamu, yaitu bagaimana cara memulihkan file yang terhapus di Windows 10. Jangan panik jika kamu kehilangan file penting, karena kami punya solusi ampun untukmu. Simaklah panduan lengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan Recycle Bin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika sebuah file terhapus secara tidak sengaja adalah memeriksa Recycle Bin. Buka Recycle Bin dan cari file yang hilang. Jika kamu menemukannya, klik kanan pada file tersebut, lalu pilih “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi asalnya.

2. Gunakan Tombol Ctrl + Z

Jika kamu baru saja menghapus file dengan mengklik kanan dan memilih “Delete,” cobalah menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Z. Ini adalah pintasan keyboard umum untuk mengembalikan tindakan terakhir. Ini mungkin berhasil mengembalikan file yang baru saja kamu hapus.

3. Cek Folder Temporary

Ketika sebuah file dihapus, seringkali Windows menyimpan salinan sementara di folder Temporary. Kamu dapat mengakses folder ini dengan mengetik “%temp%” di kotak pencarian Windows. Jika beruntung, kamu akan menemukan file yang hilang di sini.

4. Gunakan Fitur File History

Windows 10 memiliki fitur bernama “File History” yang secara otomatis mencadangkan file-file pentingmu. Buka “Control Panel,” pilih “File History,” dan cek apakah file yang hilang ada di sana. Jika ya, kamu dapat mengembalikannya dengan mudah.

5. Gunakan Software Pemulihan Data

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan software pemulihan data pihak ketiga. Beberapa aplikasi terkenal seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery dapat membantu kamu memulihkan file yang terhapus.

6. Gunakan Backup Eksternal

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Selalu melakukan backup file-file pentingmu ke perangkat eksternal atau cloud storage adalah cara terbaik untuk menghindari kehilangan data. Jika kamu sudah memiliki backup, cukup kembalikan file dari backup tersebut.

7. Kontak Profesional IT

Jika semua usaha gagal dan file yang hilang sangat krusial, pertimbangkan untuk menghubungi seorang profesional IT. Mereka memiliki alat dan pengetahuan yang lebih mendalam dalam pemulihan data.

Tabel Tentang “7 Cara Ampuh Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10: Panduan Terkini”:

No. Metode Memulihkan File Deskripsi
1. Recycle Bin Langkah pertama adalah memeriksa Recycle Bin, tempat file yang dihapus secara sederhana sering kali berakhir. File yang dihapus dari sini dapat dipulihkan dengan mudah.
2. Restore dari Backup Jika Anda memiliki backup file, Anda dapat mengembalikan file yang hilang dari salinan cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.
3. Gunakan Fitur File History Windows 10 memiliki fitur “File History” yang dapat digunakan untuk mengembalikan versi sebelumnya dari file yang hilang atau diubah.
4. Gunakan Software Pemulihan Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan file pihak ketiga yang mampu memulihkan file yang terhapus bahkan setelah mereka keluar dari Recycle Bin.
5. Gunakan Command Prompt Pengguna yang mahir dapat menggunakan Command Prompt untuk mencoba memulihkan file dengan perintah tertentu.
6. Periksa Folder Temporary File yang terhapus sementara dapat ditemukan di folder Temporary. Anda bisa mencari file yang hilang di sini.
7. Hubungi Layanan Profesional Jika semua upaya gagal, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional yang dapat membantu memulihkan file yang sangat penting.
Baca Juga:   WhatsApp Tidak Aktif atau Diblokir? Pahami 5 Perbedaan Penting Ini!

Panduan ini akan membantu Anda memahami cara-cara yang berbeda untuk memulihkan file yang terhapus di Windows 10, mulai dari metode yang mudah hingga yang lebih canggih.

FAQ Tentang Cara Ampuh Memulihkan File yang Terhapus di Windows 10

1. Apa yang harus dilakukan pertama kali jika file terhapus di Windows 10?
Langkah pertama adalah memeriksa Recycle Bin. Buka Recycle Bin dan periksa apakah file yang dihapus ada di dalamnya.

2. Apakah ada cara lain untuk memulihkan file selain dari Recycle Bin?
Ya, Anda dapat menggunakan fitur “Restore Previous Versions” yang memungkinkan Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file atau folder.

3. Apakah Windows 10 memiliki fitur bawaan untuk memulihkan file yang terhapus?
Ya, Windows 10 dilengkapi dengan fitur “File History” yang memungkinkan Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file.

4. Bagaimana cara menggunakan File History untuk memulihkan file?
Anda dapat membuka Control Panel, pilih “File History,” dan cari file yang ingin Anda pulihkan dari versi sebelumnya.

5. Apakah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu memulihkan file di Windows 10?
*Iya, ada banyak aplikasi pihak ketiga seperti Recuva, EaseUS Data Recovery, dan lain-lain yang dapat membantu memulihkan file yang terhapus.

Baca Juga:   8 Metode Cepat untuk Mengelompokkan Data Excel Menurut Kategori

6. Apakah pengguna harus segera berhenti menggunakan komputer setelah file terhapus?
Iya, sebaiknya hentikan penggunaan komputer setelah file terhapus untuk mencegah data baru menimpa ruang penyimpanan yang kosong.

7. Bisakah file yang dihapus dari Recycle Bin dipulihkan?
Ya, dengan bantuan aplikasi pemulihan data khusus, Anda mungkin dapat memulihkan file yang dihapus dari Recycle Bin.

8. Apakah memulihkan file yang terhapus dari SSD berbeda dengan HDD di Windows 10?
Ya, metode pemulihan dapat berbeda antara SSD dan HDD karena cara kerja penyimpanan keduanya berbeda.

9. Bagaimana cara mengaktifkan File History jika belum diaktifkan sebelumnya?
Anda dapat membuka Control Panel, pilih “File History,” dan ikuti panduan untuk mengaktifkannya.

10. Dapatkah file yang terhapus karena format ulang disk dipulihkan?
Pemulihan setelah format ulang disk biasanya lebih sulit, tetapi dengan alat pemulihan data canggih, ada kemungkinan memulihkan sebagian data.

11. Apakah ada cara untuk mencegah kehilangan data di masa depan?
Iya, selalu disarankan untuk membuat cadangan data secara teratur, entah itu melalui penyimpanan eksternal atau layanan cloud.

12. Apakah ada risiko kehilangan data selama proses pemulihan?
Ada risiko kehilangan data selama proses pemulihan, terutama jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Disarankan untuk menggunakan alat pemulihan data yang andal.

13. Bisakah saya meminta bantuan ahli jika saya kesulitan memulihkan file?
Tentu, jika Anda mengalami kesulitan dalam memulihkan file, disarankan untuk menghubungi profesional IT atau perusahaan pemulihan data yang dapat membantu Anda.

Kesimpulan

Artikel ini memberikan langkah-langkah untuk mengatasi kehilangan file yang terhapus secara tidak sengaja. Pertama, periksa Recycle Bin, lalu gunakan Ctrl + Z sebagai alternatif. Cek folder Temporary dan manfaatkan fitur File History di Windows 10. Jika semuanya gagal, ada opsi menggunakan software pemulihan data atau memanfaatkan backup eksternal. Jika situasinya sangat mendesak, pertimbangkan untuk menghubungi seorang profesional IT.

Disclaimer

Informasi dalam artikel ini hanya sebagai panduan umum. Kami tidak bertanggung jawab atas kehilangan data atau kerusakan perangkat yang mungkin terjadi sebagai hasil dari mengikuti saran dalam artikel ini. Selalu lakukan tindakan berhati-hati saat mengatasi masalah pemulihan data. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.