8 Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Serta Fungsinya

Mungkin sudah tidak asing dengan perangkat yang satu ini, kita mengenal printer adalah salah satu jenis perangkat yang sudah cukup sering digunakan di masa kini. Selain untuk mencetak dokumen, printer masa kini juga bisa anda gunakan untuk scan dokumen. apakah anda tau perbedaan printer inkjet dan laserjet? mari lanjut baca.

Berbicara soal printer, jenisnya juga ada banyak. Ada printer laserjet dan juga ada printer inkjet. Namun kebanyakan orang menganggap bahwa keduanya tidaklah berbeda. Padahal, ada cukup banyak perbedaan printer inkjet dan laserjet.

Apakah anda sudah mengetahui apa saja yang membedakan antara kedua jenis printer tersebut? Jika anda juga belum mengetahui apa perbedaannya, berikut ini adalah 8 perbedaannya.

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet Pada Metode Cetaknya

Hal pertama yang sangat membedakan kedua jenis printer tersebut ada pada metode cetaknya.

Printer inkjet menggunakan metode semprot untuk mencetak dokumen. Jadi head printer inkjet akan menyemburkan tinta pada permukaan media cetak.

Berbeda halnya dengan printer laserjet, printer ini sudah menggunakan teknologi laser untuk mencetak dokumen.

Jenis Tinta Printer

Selain dari metode cetaknya, kedua jenis printer tersebut juga berbeda dari segi jenis tintanya. Karena menggunakan metode semprot, maka printer inkjet menggunakan jenis tinta cair. Sedangkan untuk printer laserjet menggunakan tinta berbentuk powder.

Baca Juga:   7 Aplikasi Olahraga Fitness Android Populer di 2022

Printer inkjet juga biasanya menggunakan minimal 4 macam warna tinta yaitu cyan, magenta, yellow, dan juga black. Untuk printer laserjet hanya menggunakan 1 macam tinta saja yang berwarna hitam.

Kecepatan Printer Dalam Mencetak Dokumen

Perbedaan printer inkjet dan laserjet yang berikutnya ada pada bagian kecepatan mencetaknya. Untuk urusan kecepatan mencetak, printer laserjet bisa mencetak lebih cepat.

Hal ini karena printer laserjet menggunakan teknologi laser untuk mencetak dokumen. Printer inkjet lebih lambat dalam mencetak dokumen karena menggunakan metode semprot dan mencampurkan beberapa warna tinta.

Kualitas Hasil Cetakan Printer

Setelah metode, jenis tinta, serta kecepatan cetaknya, hal berikutnya yang membedakan antara printer inkjet dan printer laserjet ada pada kualitas cetaknya.

Karena menggunakan tinta cair, maka kualitas cetak printer inkjet memang lebih rendah dari kualitas cetak printer laserjet.

Hal tersebut karena hasil cetak printer inkjet bisa luntur. Sedangkan hasil cetak printer laserjet sama sekali tidak luntur.

Dan bukan hanya itu saja, hasil cetak printer laserjet juga jauh lebih detail. Kenapa? Karena teknologi laser bisa mencetak dengan ukuran piksel yang lebih kecil dari head printer inkjet.

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet dari Segi Perawatan

Perbedaan berikutnya dari kedua jenis printer tersebut ada pada bagian perawatannya.

Untuk urusan perawatan, printer inkjet jauh lebih mudah. Intinya printer inkjet hanya perlu digunakan sesekali agar tinta tidak mengering di bagian head cartridge.

Baca Juga:   10 Tips Efektif Agar Video YouTube Tidak Dihapus oleh YouTube

Sedangkan printer laserjet butuh perawatan yang lebih kompleks. Pada umumnya, pemilik printer laserjet butuh memanggil teknisi khusus untuk melakukan perawatan pada printernya.

Penggunaan dari Printer

Meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk mencetak dokumen, namun kedua jenis printer ini sebenarnya berbeda penggunaannya.

Jika melihat dari penggunaannya, printer laserjet merupakan printer untuk tujuan komersil. Biasanya printer laserjet ini digunakan oleh percetakan. Kenapa? Karena proses mencetaknya yang cepat dan juga lebih murah ongkos cetaknya.

Berbeda halnya dengan printer inkjet, printer ini cenderung lebih sering digunakan untuk kebutuhan rumahan ataupun kantor saja.

Kisaran Harga Printer

Perbedaan berikutnya dari 2 jenis printer tersebut ada pada harganya. Printer laserjet dijual dengan kisaran harga yang lebih mahal. Hal tersebut karena teknologi printer laserjet memang jauh lebih tinggi dari teknologi printer inkjet.

Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet dari Segi Dimensi

Hal terakhir yang juga membedakan kedua jenis printer tersebut adalah pada dimensinya. Jika dilihat dari segi dimensi, printer inkjet jauh lebih kecil.

Oleh sebab itu, printer inkjet ini paling cocok digunakan untuk kebutuhan rumahan dan juga kantor. Hal tersebut karena printer inkjet bisa dengan mudah diletakkan di atas meja.

Berbeda halnya dengan printer laserjet, biasanya ukuran printer ini cukup besar sehingga membutuhkan ruangan yang lebih besar untuk menyimpannya.

Bagaimana? Sekarang anda sudah cukup paham bukan apa saja perbedaan printer inkjet dan laserjet itu? Kalau anda sendiri kira-kira lebih membutuhkan printer yang mana?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.