9 Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak, Langsung Lancar!

Belajar bahasa Jerman otodidak tidak lah sulit, di jaman yang serba modern ini di mana pintu komunikasi terbuka lebar, banyak bahasa yang masuk dari tiap-tiap negara ke negara lain melalui warga negara yang kuliah maupun bekerja. Namun tidak sedikit dari warga negara tersebut menjadi warga negara lain di karnakan berbagai faktor salah satunya domilisi yang terlalu lama entah karna pendidikan atau pekerjaan atau bahkan percintaan.

Dalam hal ini kemampuan kita untuk bisa berbahasa asing menjadi keharusan dalam mempermudah komunikasi dan berinteraksi baik di lingkungan kerja, pendidikan ataupun dalam berbaur di kemasyarakatan. Salah satu negara yang akan kita kunjungi saat ini adalah Negara Jerman.

Welcome to Jerman…….

Jerman adalah salah satu Negara Republik Federasi dengan sistem Pemerintahanya Demokrasi Parlementer. Negara yang ber Ibukota di Berlin ini memiliki luas 357.021 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 82 jiwa. Negara dengan 16 Negara bagian ini memiliki mata uang “Euro” serta menjadi negara terpopuler setelah Amerika Serikat, Inggris dan Australia

Dalam mempelajari bahasa asing khususnya belajar bahasa Jerman otodidak tentunya sangat tidak mudah, akan tetapi jika kita berlatih secara terus menerus lama-kelamaan akan mahir. Berikut :

Tips Belajar Bahasa Jerman Otodidak bagi pemula

1. Mulai dengan memelajari huruf vokal dan konsonan

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa bahasa Jerman memiliki huruf yang lebih banyak dan tak ada di dalam kamus bahasa Inggris maupun di dalam kamus bahasa Indonesia. Misalnya, huruf Ä, Ö, Ü dan ß. Oleh karena itu kita harus memahami cara menuturkannya dengan benar, begitu pula dengan konsonan yang dapat memiliki perbedaan bunyi intonasi di posisi tertentu.

Baca Juga:   7 Strategi Ampuh Memahami Materi Pelajaran Lebih Cepat

2. Pelajari dasar kata-katanya

Mulailah dengan mempelajari kata-kata tunggal, seperti “ya”, “tidak”, “terima kasih” dan lain-lain serta pelajari angka 1-20. Lalu lanjutkan dengan mempelajari dasar-dasar kosa kata seperti “saya adalah” (Ich bin), “kamu adalah” (Du bist), “dia adalah” (Er / Sie ist) dan seterusnya.

3. Pelajari terlebih dahulu kata sifat, kata kerja dan kata benda

Pelajari kata sifat terlebih dahulu, kata kerja dan kata benda sebelum kamu memelajari yang lebih kompleks. Seperti berjalan, berlari, melompat, terbang, dan lain-lain. Hal ini sangat berguna ketika kamu belajar akan membentuk suatu kalimat dalam percakapan.

4. Les/kursus dan sering berbicara dengan teman

Kita bisa melatih kosa kata dengan mengikuti les/kursus, terlebih dengan seringnya interaksi dengan teman akan membantu kita menghapal pelapazan suatu kalimat.

5. Menonton film bahasa jerman

Sering-sering menonton film dengan bahasa jerman walaupun pada awalnya akan membuat kita bingung akan tetapi pada ahkirnya kita akan mengerti arti dari percakapan tersebut.

6. Perbanyak membaca buku berbahasa Jerman

Baca Juga:   6 Cara Menggunakan Kalimat Langsung dan Tidak Langsung secara Efektif

Salah satu metode selanjutnya adalah persering lah kita dalam membaca buku berbahasa jerman untuk melatih sekaligus mencari kata yang belum kita ketahui artinya, dan saran dari penulis “koran fakta” adalah mulailah dengan membaca buku anak-anak TK atau SD walaupun terkesan lucu tapi ini sangat efektif karna kita akan dengan mudah mencernanya. 

7. Perbanyak bicara sendiri

Walaupun terkesan lucu dan aneh tetapi tips ini sangat asik dan epektip bagi pemula, ketika sedang apapun kita bicara sendirilah kemudian koreksi kembali oleh diri sendiri  .

8. Manfaatkan aplikasi

saat ini banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapat melalui aplikasi yang di khususkan bagi para yang ingin belajar bahasa Jerman otodidak. Maka manfaatkan kelebihan tersebut untuk mempercepat penguasaan bahasa Jerman.

9. Percaya diri

Setelah semua tips dan metode telah di coba dalam belajar bahasa Jerman otodidak maka lakukanlah dengan percaya diri dalam berbicara kepada orang yang bisa bahasa jerman, jika kita di indonesia maka carilah teman orang jerman percayalah mereka akan bangga warga negara lain yang mempelajari bahasa mereka dan pasti dengan sangat senang membantu kita dalam mengoreksi pengartian kaliman jika ada yang salah

Demikian tips belajar bahasa Jerman otodidak bagi pemula

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google News

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.