5 Cara Mengatasi Mata Minus Tanpa Operasi dan Cara Pencegahannya

Mata minus bisa terjadi karena beragam faktor. Bukan hanya faktor kondisi mata dan keturunan saja, faktor kebiasaan buruk yang dilakukan juga dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan mata minus. Cara mengatasi mata minus seperti apa?

Sebelum Anda ke dokter mata, Anda perlu pahami informasi ini terlebih dahulu. Cara mengatasi mata minus yang kami bagikan kali ini juga sekaligus dapat menjadi terapi mata yang dilakukan sendiri di rumah sembari menggunakan kacamata. Berikut informasi selengkapnya yang Anda perlu pahami!

Cara Mengatasi Mata Minus Tanpa Operasi dan Cara Pencegahannya

Menggunakan daun sirih

Cara Mengatasi Mata Minus Tanpa Operasi dan Cara Pencegahannya

Daun sirih merupakan sebuah herbal yang di dalamnya terdapat kandungan minyak esensial seperti sineol, karvakol, kavikol, eugenol dan kadinen.

Bukan hanya itu pada minyak atsiri yang terdapat pada daun sirih juga mengandung pati, zat samak, gula, seskuiterpen, diatase serta kavikol. kavikol sendiri berguna untuk membunuh bakteri hingga jamur.

Jika Anda ingin menyembuhkan mata minus dengan daun sirih maka Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  • Pertama Anda harus menyiapkan 2 lembar daun sirih yang masih segar.
  • Kemudian cuci daun sirih hingga bersih di bawah air yang mengalir.
  • Tempelkan daun sirih tersbeut di mata ketika belum tidur dan lepaskan daun sirih di pagi hari.
Baca Juga:   5 Manfaat Efektif Minyak Ikan untuk Tubuh Anda

Kompres mata dengan air hangat

Mengatasi Mata Minus

Perlu Anda ketahui bahwa dengan mengompres mata menggunakan air hangat dapat membantu mengurangi minus hingga silinder pada mata. Cara satu ini bisa Anda lakukan ketika sedang bersantai.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi ketergantungan dengan kacamata dan Anda harus mlai melepaskannya sesekali agar mata menjadi rileks.

Melakukan senam mata

5 Cara Mengatasi Mata Minus Tanpa Operasi dan Cara Pencegahannya

Cara mengatasi mata minus berikutnya adalah dengan senam mata. Senam mata ini sangat mudah dilakukan karena Anda hanya perlu menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan dan berputar lalu berkedip hingga 100 kali setiap hari.

Jika sudah maka Anda juga harus memijat pelipis kanan dan kiri searah dengan jarum jam. Selanjutnya Anda bisa memijitnya secara perlahan pada kepala bagian bawah. Lakukan pemijatan tersebut minimal pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Menjemur mata di pagi hari

Mengatasi Mata Minus

Menjemur mata pagi hari merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengatasi mata minus secara alami. Cara satu ini cukup mudah untuk dilakukan karena Anda hanya perlu menutup kedua mata dan mengarahkannya ke sinar matahari hingga bola mata terasa hangat.

Baca Juga:   5 Tips Ampuh Mengatasi PMS: Hadapi Bad Mood Menjelang Menstruasi dengan Lebih Baik!

Cara satu ini disarankan untuk dilakukan pada pagi hari agar mata mendapatkan asupan vitamin D yang tercukupi.

Menggunakan lilin

Tak banyak orang tahu namun terapi lilin menjadi salah satu cara menyembuhkan mata yang mengalami minus dengan cepat. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk mengurasi mata minus dengan menggunakan lilin ini harus dilakukan dengan tepat agar hasil lebih maksimal.

Hindari kebiasaan buruk

5 Cara Mengatasi Mata Minus Tanpa Operasi dan Cara Pencegahannya

Untuk mengatasi mata minus maka Anda diharuskan untuk menghindari kebiasaan buruk seperti membaca terlalu lama,menonton televisi terlalu dekat serta berada di depan komputer dengan kondisi penerangan yang buruk.

Pastikan bahwa kondisi mata Anda nyaman dalam melakukan aktivitas apapun agar mata rileks dan tidak tegang. Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan mata dengan cara merendam kapas pada air bersih kemudian mengusapkannya dari sisi kiri ke sisi kanan guna menghilangkan kotoran.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi mata minus yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.