Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan, 5 Cara Berikut Solusinya!

Rambut rontok berlebihan terjadi ketika folikel rambut sudah rusak sehingga batang rambut tidak bisa tertahan dengan baik. Ada banyak aspek yang menyebabkan rambut rontok berlebihan, namun ada beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan.

Banyak sekali pertanyaan mengenai rambut rontok berlebihan

  • Gimana cara agar rambut tidak rontok?
  • Apa Penyebab rambut rontok dan bagaimana mengatasinya?
  • Apa yang menyebabkan rambut rontok banyak?

Jadi bagi Anda yang mengalami masalah rambut rontok tak perlu terlalu pusing dan khawatir karena masalah tersebut masih bisa diatasi. Bagaimana cara tepat mengatasinya?

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Mengonsumsi zat besi

Faktor dari luar dan dalam dapat menjadi penyebab rambut mengalami kerontokan secara berlebihan. Salah satu penyebab rambut rontok adalah karena kekurangan mengonsumsi zat besi.

Hal ini dikarenakan zat besi termasuk ke dalam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan rambut serta membantu mencegah kerontokan yang berlebihan.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi maka Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti tiram, polong – polongan, kerang, bayam, daging yang tidak ada lemaknya serta kacang – kacangan.

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang tidak mengonsumsi daging akan membutuhkan zat besi 1,8 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi daging.

Baca Juga:   Inilah yang Terjadi Saat Kamu Alami Panik Attack! Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak mampu menyerap sumber zat besi selain hewani secara efektif. Oleh karena itu Anda yang bermasalah dengan rambut rontok berlebihan pastikan berusaha memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Mengonsumsi protein

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi banyak protein. Mengonsumsi protein bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut serta membantu mengatasi kerontokan. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan rambut baru untuk mengganti rambut yang telah rontok.

Kebutuhan protein tersebut bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan yang mengandung sumber protein seperti ikan, polong – polongan, kacang – kacangan, telur hingga daging yang tidak mempunyai kandungan lemak.

Menggunakan minyak biji labu

Cara Mengatasi Rambut Rontok Minyak Labu
Minyak Labu

Perlu Anda ketahui bahwa dengan mengonsumsi minyak biji labu secara teratur akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 40 persen. Selain itu, minyak biji labu juga dipercaya dapat mengatasi rambut rontok dan membantunya tumbuh kembali karena adanya kemampuan dalam menghalangi hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT) yang membantu meningkatkan kualitas pada rambut.

Menggunakan hair tonic concentrate

Menggunakan Hair tonic concentrate juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rambut rontok berlebihan. Produk satu ini mengandung kadar bahan aktif yang lebih tinggi dari pada hair tonic biasanya, dengan demikian efeknya bisa lebih maksimal.

Baca Juga:   Mengatasi Begadang pada Remaja: 7 Langkah Praktis untuk Tidur Lebih Nyenyak dan Produktif

Varesse Hair Tonic Concentrate bisa membantu mengurangi kerontokan serta mempercepat pertumbuhan rambut dalam jangka waktu 14 hari. Selain itu, Hair tonic satu ini juga bisa digunakan untuk menutrisi dan merawat kekuatan akar pada rambut.

Menggunakan obat minoxidil

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan lainnya adalah dengan menggunakan obat minoxidil. Obat satu ini merupakan obat oles yang ampuh untuk mengatasi rambut rontok dan Anda bisa mengaplikasikannya di bagian tengah kepala.

Untuk bisa mendapatkan obat satu ini, Anda harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu agar hasil yang didapatkan bisa memuaskan bagian depan kulit kepala.

Hanya saja obat ini hanya boleh digunakan jika masalah rambut rontok terlalu parah namun tidak boleh digunakan sehari – hari. Anda juga wajib berhati – hati dalam penggunaannya karena jika tidak sengaja terkena kulit wajah dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi liar di area tersebut.

Demikianlah beberapa cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Semoga masalah rambut Anda teratasi dengan cara di atas.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.