Cara Share Lokasi Lewat WA Yang Akurat dan Mudah

Bagi pengguna sosial media WhatsApp yang kini sudah didownload lebih dari 5 miliar pengguna, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah share loc, share location atau share lokasi. Cara share lokasi lewat WA bagaimana sih sebenarnya?

Nah, untuk Anda pengguna WhatsAppp yang baru dan misalkan belum pernah menggunakan fitur share location tersebut, di sini kita akan bagikan tutorial share lokasi lewat WA untuk Anda. Simak informasi lengkap berikut ini!

Cara Share Lokasi Lewat WA

Share lokasi pada dasarnya dimanfaatkan untuk mempermudah ketika seseorang ingin janjian dengan orang lain di tempat – tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Share lokasi memanfaatkan WA bisa dilakukan dengan beberapa cara, sebagai berikut :

Share live location WA

Cara Share Lokasi Lewat WA

Pada WhatsApp Anda bisa melakukan share lokasi secara live atau langsung. Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa memberi informasi lokasi kepada pengguna yang lain. Cara satu ini bisa Anda gunakan meski jaraknya sangat jauh dengan Anda.

Bukan hanya itu, dengan menggunakan fitur satu ini Anda bisa melihat pengguna bergerak dari lokasi pertama hingga lokasi tujuan. Cara share live lokasi sendiri cukup muda untuk dilakukan, sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda diharuskan untuk membuka aplikasi WA melalui ponsel terlebih dahulu.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih ikon (+) jika Anda yang menggunakan iOS dan ikon clip kertas jika Anda menggunakan Android. Anda dapat menemukan ikon clip pada chat room.
  • Selanjutnya klik menu “Location”.
  • Kemudian pada layar ponsel Anda akan muncul opsi “share live location”.
Baca Juga:   5 Aplikasi Trading Terbaik yang Terdaftar OJK

Selanjutnya Anda bisa menentukan durasi yang diinginkan untuk berbagi lokasi. Anda bisa memulainya dari 15 menit, 1 jam sampai 8 jam.

Cara share Lokasi di WA menggunakan fitur GPS

Cara Share Lokasi Lewat WA

Selain mengirim live location, Anda juga bisa memanfaatkan GPS untuk share lokasi. Namun sebagai catatan, fitur share lokasi melalui GPS ini perlu dilakukan dengan mengaktifkan fitur GPS perangkat terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan fitur GPS pada perangkat seperti apa?

Mengaktifkan fitur GPS bisa melalui smartphone dan iOS. Jika Anda ingin mengaktifkan GPS (Global Positioning System) dengan menggunakan iOS maka Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Pertama Anda harus membuka menu “Pengaturan” pada ponsel.
  • Jika sudah maka Anda bisa klik menu “Privasi”.
  • Selanjutnya pilih menu “Layanan Lokasi” dan rubah menjadi ON.

Namun jika Anda menggunakan Android, maka langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama Anda harus membuka menu “Pengaturan” pada ponsel.
  • Selanjutnya klik opsi “Lokasi” dan rubahlah menjadi ON.
Baca Juga:   5 Strategi Ampuh Mengubah Nama Akun Gmail

Setelah GPS diaktifkan, baru Anda bisa share lokasi Anda ke teman. Cara share lokasi lewat WA memanfaatkan fitur GPS sebagai berikut :

  • Langkah pertama Anda bisa membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih ikon (+) jika ponsel Anda iOS dan Anda bisa menggunakan ikon clip kertas untuk versi Android, ikon clip tersebut terdapat pada chat room.
  • Jika sudah maka Anda bisa memilih “Location” kemudian akan muncul opsi “send your current location”.
  • Secara otomatis Sinyal GPS (Global Positioning System) akan mendeteksi keberadaan pengguna dan akan mengirimkan lokasi ke nomor yang dituju.
  • Jika sudah maka Anda bisa memilih menu “send your current location”.
  • Guna memastikan titik lokasi maka pengguna WhatsApp dapat menuliskan alamat pada kolom “Search” sebelum melakukan share lokasi.

Demikianlah ulasan mengenai cara share lokasi lewat WA yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Anda bisa manfaatkan salah satu cara di atas untuk share loc sedari sekarang.

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.