Baru Di 2023 Gaji Pilot Mencapai Milliaran Per Tahun, Dapatkah Anda Bayangkan?

Dalam dunia penerbangan, Pilot merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap lancarnya penerbangan suatu pesawat, perihal gaji Pilot hal ini tentu menjadi perhatian khusus pihak penyedia layanan jasa transportasi udara tersebut. Gaji Pilot termasuk salah satu yang tertinggi dari upah profesi lainya.

Berapakah Gaji Pilot Pesawat Terbang ?

foto: youtube

Gaji Pilot pesawat terbang tentunya sangat bervariasi tergantung dari faktor seperti : jenis maskapai, tingkat pengalaman, dan jenis penerbangan.

Contoh gaji Pilot komersial di Amerika Serikat misalnya, rata-rata berkisar antara $75,000-$200,000 atau jika di rupiahkan saat ini dengan kurs per dollar Rp 15.112,25 sekitar Rp 1.133.411.250 s/d Rp 3.022.430.000 per tahun.

Sedangkan gaji Pilot dari maskapai penerbangan besar bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan pilot dari maskapai penerbangan kecil. Namun, hal ini hanya sebagai gambaran saja, karena gaji pilot tentunya bisa lebih kecil atau lebih besar tergantung negara atau wilayah atau negaranya.

Sejarah Pilot

foto: airport

Menjadi seorang Pilot tentu merupakan suatu kebanggan baik pilot pesawat tempur maupun pesawat penumpang. Pilot adalah profesi yang berkaitan dengan mengoperasikan pesawat udara untuk tujuan transportasi atau latihan. Sejarah pilot dimulai pada awal abad 20, ketika pesawat udara pertama kali digunakan untuk tujuan militer dan komersial.

Penerbang pertama yang dikenal adalah Wright bersaudara, yang melakukan penerbangan pertama yang sukses pada tahun 1903. Selama Perang Dunia I, pilot menjadi penting dalam pertempuran udara, dan sejak itu, profesi pilot terus berkembang dan menjadi sangat penting dalam transportasi global saat ini.

Baca Juga:   Resesi 2023 Adalah Barometer Kegagalan Instansi Atau Akibat Dari Korupsi ?

Kriteria Pilot Pesawat

foto

Pilot pesawat merupakan seseorang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan pesawat udara, baik itu pesawat komersial maupun non-komersial.

Pilot pesawat harus lulus dari berbagaimacam tes, di antaranya adalah tes medis, fisik, dan mental serta menyelesaikan pelatihan yang cukup untuk mendapatkan lisensi pilot.

Mereka juga harus terus melakukan pelatihan dan menjaga kompetensi untuk mempertahankan lisensi mereka.

Pilot bertanggung jawab untuk navigasi, keamanan, dan komunikasi dengan kontrol lalu lintas udara serta kru penerbangan lainnya selama penerbangan.

Sekolah Penerbangan Di Indonesia

foto: airport

Di Indonesia sendiri ada beberapa sekolah atau lembaga yang menyediakan pelatihan dan pendidikan khusus untuk seseorang yang menginginkan menjadi Pilot pesawat. Beberapa di antaranya adalah :

  • Sekolah Penerbangan Dirgantara (STP) – merupakan sekolah penerbangan resmi yang dikelola oleh TNI Angkatan Udara.
  • Garuda Training Center – merupakan sekolah penerbangan yang dikelola oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia.
  • Lion Air Aviation Academy – merupakan sekolah penerbangan yang dikelola oleh maskapai penerbangan Lion Air.
  • AirAsia Training Center – merupakan sekolah penerbangan yang dikelola oleh maskapai penerbangan AirAsia.
  • PT. Dirgantara Indonesia – merupakan perusahaan yang menyediakan pelatihan dan pendidikan penerbangan bagi pilot-pilot baru maupun pilot yang sudah berpengalaman.
  • PT. Indonesia Air Transport – sekolah penerbangan yang menyediakan pelatihan pilot komersial dan non komersial
Baca Juga:   Inilah Gaji Dokter Umum Serta Honorium Yang Didapat Seorang Dokter Di Indonesia

Itu hanya beberapa contoh saja, sebenarnya masih banyak sekolah-sekolah lain yang menyediakan pelatihan dan pendidikan pilot di Indonesia. Namun perlu diingat sebelum memilih sekolah, pastikan kembali bahwa sekolah tersebut memiliki izin operasional dan reputasi yang baik.

Beberapa Institusi Pendidikan Pilot Di Indonesia :

foto: sekolahnews

Program studi yang ditawarkan bervariasi, mulai dari pendidikan pilot dasar hingga profesional. Beberapa institusi yang menawarkan pendidikan pilot di Indonesia antara lain :

  • Sekolah Penerbangan Indonesia.
  • Akademi Penerbangan Garuda Indonesia.
  • Institut Penerbangan dan Transportasi Udara.

Ada juga beberapa perusahaan penerbangan yang memberikan program pendidikan pilot bagi calon pilot yang akan bekerja di perusahaan tersebut.

Beberapa Jenis Pesawat Komersil Yang Digunakan Di Indonesia Adalah :

foto: sindonews
  • Boeing 737
  • Airbus A320
  • Bombardier CRJ1000
  • ATR 72
  • Embraer E-Jet
  • Boeing 747
  • Boeing 777
  • Airbus A330
  • Boeing 737 MAX
foto: infopenerbangan

Boeing 787 Dreamliner Beberapa maskapai penerbangan di Indonesia yang menggunakan jenis pesawat tersebut adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan maskapai lainnya.

Demikian gambaran mengenai kedirgantaraan semoga bagi setiap orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang Pilot pesawat dapat terwujud. Aamiin

Terimakasih

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.