Bukan Sembarang Profesi Ini Dia Gaji Tukang Parkir Pesawat

Lapangan pesawat adalah area yang digunakan untuk operasi penerbangan, termasuk take-off dan landing. Ada berbagai jenis lapangan pesawat, seperti  :

  1. Lapangan terbuka,
  2. Lapangan komersial,
  3. Lapangan militer, dan
  4. Lapangan bandara.

Lapangan komersial biasanya digunakan untuk penerbangan komersial, sementara lapangan militer digunakan untuk operasi militer. Lapangan bandara adalah jenis lapangan pesawat yang paling umum, yang digunakan untuk penerbangan komersial dan militer.

Lapangan pesawat harus memenuhi persyaratan yang ketat untuk keamanan dan efisiensi operasi. Hal ini termasuk panjang dan lebar runway, jalur aproksimasi, dan kondisi cuaca yang aman. Lapangan pesawat juga harus dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan, seperti tower kontrol, bangunan terminal, dan fasilitas parkir.

Selain itu, lapangan pesawat harus memenuhi standar lingkungan yang ketat, seperti pengendalian polusi udara dan suara untuk menjaga kualitas lingkungan sekitar dan menjamin kenyamanan masyarakat.

Dalam rutinitasnya, lapangan pesawat harus dioperasikan dengan baik dan aman agar dapat menjamin keamanan penerbangan. Hal ini termasuk perawatan reguler, inspeksi, dan pengujian untuk memastikan kondisi lapangan pesawat selalu aman untuk digunakan.

Yang perlu di ingat adalah dalam rutinitas kegiatan di lapangan pesawat ada sosok pahlawan yang mengatur lalu lintas serta kegiatan lain di dalam lapangan pesawat tersebut, siapakah dia?

Tukang Parkir Pesawat

Tukang parkir pesawat di anggap oleh sebagian orang adalah profesi yang terlihat tidak umum akan tetapi seorang tukang parkir pesawat sebenarnya adalah sosok yang turut memiliki andil besar didalam kesatuan suatu bandara yang memiliki peran yang sangat penting yang keberadaanya tidak bisa di remehkan.

Baca Juga:   Cara Mempercepat Download di Chrome Android Terbaru dan Mudah

Profesi tukang parkir pesawat begitu penting karena menyangkut kepanjangan mata pilot dalam melihat sekitar, serta melalui gerak badan mereka memberi kode arah persis di mana pesawat harus bergerak serta berhenti, selain itu juga memastikan bahwa jalur landasan dan area parkir pesawat harus bebas dari segala benda asing.

Salah satu kehebatan yang dimiliki oleh seorang tukang parkir pesawat adalah harus tetap bekerja walau tengah kondisi buruk seperti apapun. Seperti hujan dan badai atau dalam keadaan yang lebih buruk dari itu seorang tukang parkir pesawat tetap harus siap karna ini menyangkut tanggung jawab serta keselamatan orang banya, hal itu dilakukan demi memastikan pesawat terparkir dengan baik dengan posisi yang seharusnya. Tukang parkir pesawat juga diharuskan dapat memahami aturan yang cukup banyak dan ketat salah satunya memastikan pemindahan barang serta melakukan tugas-tugas administratif seperti mencatat kedatangan dan keberangkatan pesawat dll.

Lalu Berapakah Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Secara umum, gaji tukang parkir pesawat cukup baik. Disamping mental, seorang tukan parkir pesawat juga harus bisa bekerja keras dan memiliki tanggung jawab yang tinggi. Jika anda tertarik dengan dan berminat di bidang ini maka pekerjaan sebagai tukang parkir pesawat dapat menjadi pilihan yang menarik.

Baca Juga:   Ini Alasan Ahmad Dhani Melarang Once Mekel Nyanyikan Lagu Dewa 19, Ada Apa?

Mengutip ZipRecruiter, di Amerika Serikat, gaji rata-rata tukang parkir pesawat adalah sekitar US$ 43.861 per tahun atau sekitar Rp 622 juta (kurs dolar Rp 14.200). Data tersebut di ambil pada 1 Desember 2021

Jadi jika di rata-ratakan gaji tukang parkir pesawat kira-kira US$ 21,09 atau sekitar Rp 299 ribu per jam, atau US$ 843  (Rp 11,9 juta) per minggu, atau US$ 3.655 (Rp 51,9) juta per bulan.

Sangat menarik bukan.. akan tetapi beda negara beda pula kirasan gaji tukang parkir pesawat nya, Di Indonesia sendiri gaji tukang parkir pesawat berkisar antara Rp 4 Juta s/d Rp 8 Juta gaji tersebut hanya gaji pokok saja belum termasuk tunjangan yang sangat banyak jenisnya yang diberikan oleh pihak pengelola bandara seperti di antaranya  insentif atau bonus. Insentif ini dapat diberikan untuk kinerja yang baik atau untuk mencapai target tertentu, Menerima benefit lain seperti asuransi kesehatan, cuti sakit, dan cuti tahunan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tugas serta tanggung jawab serta gaji yang di terima oleh seorang tukang parkir pesawat. Apakah anda Tertantang dengan pekerjaanya dan tertarik dengan gajihnya? Silahkan mulai rencanakan kapan anda mendaftarkan diri untuk dapat bergabung di dalam profesi yang menantang ini.

Terimakasih

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.