3 Level Modifikasi Latihan Push Up untuk Pemula: Meningkatkan Kekuatan Tubuh dengan Efektif

Latihan Push Up merupakan salah satu jenis latihan fisik yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi pemula yang ingin memulai gaya hidup sehat dan aktif. Namun, tak jarang orang merasa kesulitan atau bahkan tidak bisa melakukan push up sama sekali karena berbagai faktor seperti berat badan berlebihan, faktor usia, atau otot yang lemah karena jarang dilatih.

Namun, jangan khawatir karena ada modifikasi latihan push up khusus untuk pemula yang dapat membantu meringankan beban tubuh dan menyesuaikan kekuatan tubuh secara efektif. Berikut adalah tiga level modifikasi latihan push up untuk pemula:

Level 1: Latihan Push up in Table Top

Jika Anda kesulitan menahan seluruh berat badan tubuh, latihan push up in table top bisa menjadi pilihan. Untuk memulai gerakan push up, pertama-tama posisikanlah tangan dan lutut di atas alas yang telah disiapkan. Kemudian, tekukkanlah lutut dan siku secara perlahan sambil menurunkan tubuh bagian atas hingga hidung hampir menyentuh lantai. Jangan lupa untuk bernapas secara teratur dan menjaga keseimbangan tubuh. Setelah mencapai posisi terendah, lakukan gerakan dorongan untuk kembali ke posisi semula. Tahan selama beberapa detik dan rasakan otot-otot Anda bekerja keras. Ulangi gerakan ini dalam tiga set dengan 8-10 repetisi dan jangan lupa untuk mengambil istirahat yang cukup di antara set.

Baca Juga:   Tips Jitu Menjaga Kesehatan Anak Di Usіa Dіnі

Level 2: Push up dengan Lutut

Jika push up in table top sudah terasa mudah, lanjutkan dengan level kedua yaitu push up dengan lutut. Gerakan push up ini mirip dengan push up in table top, namun bagian paha dan lutut dirapatkan, sementara itu kakinya diangkat ke atas. Dorong dan tekuk lutut hingga dada dan kepala menyentuh lantai. Pastikan tubuhmu tetap sejajar dari kepala hingga lutut saat melakukan gerakan ini. Selanjutnya, dorong tubuh ke atas dan tarik dada serta otot inti. Selesaikan latihan ini selama tiga set dengan 8-10 repetisi sampai Anda sudah merasa lebih ringan ketika melakukan latihan ini.

Level 3: Incline Push Up

Jika push up dengan lutut sudah terasa mudah, Anda bisa mencoba level ketiga yaitu incline push up. Gerakan push up ini dilakukan pada posisi miring dengan menggunakan tumpuan yang setinggi bahu kita saat berlutut, bisa menggunakan kursi, meja, bangku atau benda apapun yang mudah digunakan. Setelah itu, ambil posisi push up dan pastikan tubuh, kaki, dan kepala berada pada posisi yang sejajar sambil meletakkan kedua tangan ke tumpuan yang telah disiapkan. Pastikan lengan dalam posisi lurus namun jangan dikunci, tekuklah siku secara perlahan dan turunkan dada hingga mencapai posisi penumpuan. Lalu, dorong tubuh agar lengan kembali posisi lurus seperti semula dan selesaikan latihan ini sampai Anda terbiasa dalam tiga set dengan 8-10 repetisi.

Baca Juga:   5 Rahasia Efektif untuk Make Up Tahan Lama di Musim Pancaroba

Nah, itulah tiga level modifikasi latihan push up yang cocok untuk pemula. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum latihan push up dan mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendukung proses pembentukan otot, seperti protein dan karbohidrat. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga postur tubuh agar tetap lurus dan stabil saat melakukan gerakan push up. Dengan melakukan latihan push up secara rutin dan teratur, diharapkan dapat meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh serta membentuk otot yang lebih kuat dan sehat. Jangan lupa untuk selalu memulai dari level yang sesuai dengan kemampuan tubuh dan secara bertahap meningkatkan intensitas latihan.

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.