Materi Kedokteran Semester 1 Lengkap Beserta Studi Kasus

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai materi kedokteran semester 1 alangkah baiknya mengetahui sejarah kedokteran terbih dahulu, seperti yang kita ketahui dari jaman kuno yang entah kapan pastinya ilmu pengobatan sudah ada dan di pelajari dalam mengatasi berbagai macam penyakit, bahkan banyak riwayat dari belahan dunia menyebutkan kita bangsa manusia memiliki nenek moyangnya masing-masing dalam kemampuan mengobati dengan cara dan tehniknya sendiri.

Yang pasti pengobatan pertama yang di lakukan cara menangganinya dengan  menggunakan herbal dari ramuan tumbuhan yang ada di sekitarnya pada saat itu yang hingga kini berkembang melalui tehnik modern. Dengan berkembangnya ilmu kedokteran tidak bisa kita pungkiri pengobatan saat ini banyak mengadopsi dari para leluhur kita yang pada masanya bisa mengobati hanya dengan menggunakan herbal dan pemijatan maupun akupuntur.

Perkembangan Ilmu Kedokteran Saat Ini

Ilmu kedokteran modern saat ini semakin umum kita jumpai, untuk memenuhi kebutuhan spesialis pengobatan di seluruh indonesia pada khusunya, pemerintah melalui mentri kesehatan mengharuskan dalam satu Provinsi minimal ada 1 sekolah tinggi ilmu kedokteran (STIK). Tidak heran jika sekolah kedokteran menjadi daya tarik bagi para lulusan sekolah menengah atas untuk melanjutkan ke jenjang tersebut.

Materi kedokteran semester 1 menjadi langkah pertama bagi calon dokter yang masih bergelar mahasiswa ini dalam memasuki bangku fakultas, jangan lupa siapkan mental dalam menghadapi materi kedokteran semester 1 karna kalian akan menemukan hal baru yang berkaitan dengan sesuatu yang bagi sebagian orang apalagi yang memiliki karakter, fobia, gelian dan jijian akan sangat mengerikan.

Lalu bagaimanakah materi kedokteran semester 1 sebagaimana gambaran pengalaman pertama sebagian alumni sekolah kedokteran dalam memasuki awal dunia organ tubuh manusia, berikut penjelasan materi kedokteran semester 1 kami jelaskan untuk anda.

Baca Juga:   Seni Rupa 2D: 12 Panduan Esensial Wajib untuk Pecinta Karya Visual

Daftar Materi Kedokteran Semester 1

Biomedik

Biomedik adalah materi kedokteran semester 1 yang lebih kepada pengetahuan biologi, kimia dan fisika mengenai kehidupan molekul, sel, organ dan organisme yang berkaitan dengan diagnosa yang dapat di tangani untuk di sembuhkan sebelum terjadinya tingkat stadium serius. Di harapkan mahasiswa di materi kedokteran semester 1 ini kedepanya dapat menjadi pengajar di perguruan tinggi ataupun di pusat penelitian bahkan bisa menangani mengenai yang berkenaan dengan laboratorium.

Sel struktur dan genetika

Sedangkan di materi kedokteran semester 1 yang menangani mengenai sel struktur dan genetika adalah pemahaman mengenai komponen yang terdiri dari dinding sel, membran plasma, posfolipida, protein membran, inti sel, retikulum endoplasma, badan golgi, lisosom, mitokondria dan ribosom. Serta materi mengenai genetika yang terdiri dari RNA, DNA kode henetik, proses replika, dan mutasi gen.

Biologi molekuler

Materi kedokteran semester 1 selanjutnya adalah mengenai biologi molekuler dalam penelitian terdiri dari dua organisme sel hidup di antaranya mempelajari berkenaan  dengan organisme seluler dan organisme uni seluler, organisme seluler lebih kepada unsur subselular yang memiliki jaringan holistik seperti manusian, hewan, tumbuhan, bakteri serta jamur. Sedangkan organisme uni seluler adalah susunan yang di sebut sel.

Neurosains

Selanjutnya materi kedokteran semester 1 lainya adalah mengenai bagaimana sistem kerja saraf kita. Saraf merupakan sister terpeka di dalam tubuh manusia yang bekerja melalui otak dengan memberikan rangsangan kepada indra untuk kita bisa merasakan penciuman, penglihatan serta pendengaran karna otak adalah komando pusat perintah.

Baca Juga:   Equilibrium dalam Ekonomi: 3 Hal yang Wajib Anda Ketahui

Kardiovaskular

Di materi kedokteran semester 1 selanjutnya biasanya mahasiswa mempelajari sister organ terkuat di dalam tubuh yaitu jantung. Di materi kardiovaskular lebih kepada pembahasan mengenai jantung, jenis penyakitnya dan sistem jantung itu sendiri dan materi ini bisa di jadikan ketertarikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang spesialis jantung atau kardiolog.

Bioetika

Yang terakhir biasanya di materi kedokteran semester 1 selain mendapatkan pengetahuan mengenai kesehatan pada manusia, mahasiswa juga mempelajari tentang kode etik profesi kedokteran mempelajari mengenai hukum kedokteran, kewajiban dokter dan hak pasien, informed consent, malpraktik, dan materi umum lainya seperti kenegaraan, agama dan bahasa inggris serta lain lain.

Kesimpulan

Ilmu kedokteran adalah ilmu yang di dapat harus dengan pendidikan untuk menghindari kerugian orang lain dalam mendapatkan haknya sebagai pasien. Dari jaman kuno dokter dan ilmu kedokteran sudah ada hanya saja pendidikan formalnya lebih kepada alam yang di pelajari selama puluhan bahkan ratusan tahun secara turun temurun oleh nenek moyang kita. Dalam ilmu kedokteran modern sistem pengetahuan diagnosa, penanganan, dan pengobatan lebih kepada bantuan detektor mesin berupa alat yang di sesuaikan maksud tujuan dibuatnya untuk apa agar memudahkan seorang dokter dalam menagani pasien dengan cepat dan epektif selain disamping pengetahuan dokter sesuai dengan bidangnya.

Semoga materi kedokteran semester 1 yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.