Pendaftaran CPNS Segera Dibuka, Cek Selangkapnya Disini

Bersiaplah bagi calon pendaftar PNS karena kabar baik bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah di persiapan segera mungkin, karena di tahun 2023 penerimaan CPNS akan segara di laksanakan serentak.

Sayangnya belum ada kepastian tanggal dan bulan berapa pendaftaran CPNS dan serta bagian formasi CPNS akan di selenggarakan.

Mengenai Pendaftaran CPNS

Namun kepastian rencana pembukaan penerimaan CPNS di nyatakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) baru-baru ini.

KemenPAN RB memberi kepastian bahwa akan ada seleksi CPNS pada tahun 2023 atau tahun depan.

Kepastian tersebut tertuang dalam Rapat Koordinasi APKASI bersama KemenPAN RB pada bulan September lalu mengenai pembahasan serta rancangan Pendaftaran CPNS.

Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB,Aba Subagja menyatakan tentang kepastian penerimaan Seleksi CPNS 2023 tahun depan itu.

“Kapan merekrut CPNS? InsyaAllah tahun depan, kami juga akan mengalokasikan jabatan-jabatan ASN tertentu,” ungkap Aba Subagja kutipan dari youtube ini.

Baca Juga:   Isu Resesi Tak Pengaruhi Qatar, Piala Dunia 2022 Jalan Terus

Lanjut Aba Subagja memastikan bahwa Kemen PAN-RB di rancang untuk pendaftaran bagian formasi vital dan memang sangat di perlukan bagian tersebut.

“(Formasi) yang memang sangat dibutuhkan. Karena ada gap untuk sistem karier di dalam sistem karier PNS. Kita butuh agen yang memang harus PNS, kita juga butuh hakim yang PNS, jaksa dan sebagainya. Dan tenaga-tenaga lain yang harus kita lihat,” timpalnya.

Seleksi PPPK di Tahun 2022

Seperti yang sudah di kabarkan, pada tahun 2022 ini pemerintah memberi kesempatan hanya untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sampai detik ini, masih belum ada merilis jadwal lengkap secara resmi mengenai proses rekrutmen PPPK tersebut.

Namun tenang saja, karena ada Kemendikbud satu-satunya yang sudah merilis jadwal seleksi PPPK bagi formasi Guru ini.

Bila di lihat di website resmi Kemdukbud, pendaftaran seleksi PPPK Guru dibuka mulai 25 Oktober 2022 hingga 7 November 2022.

Baca Juga:   Ini Alasan Ahmad Dhani Melarang Once Mekel Nyanyikan Lagu Dewa 19, Ada Apa?

BKN juga sempat menjelaskan jika seleksi PPPK tahun 2022 ini difokuskan untuk profesi guru, kesehatan, dan teknis.

Sayangnya dalam kepastian tanggal fslsm merilis jadwal pendaftaran PPPK Non Guru masih belum dirilis resmi oleh BKN.

Walaupun begitu Kemen PAN-RB telah menentukan formasi PPPK yang perlukan.

Keputusan itu di dasari dari data Kemenpanrb per 6 September 2022 tahun ini.

Lewat jejaring media sosial Instagram-nya, akun @kemenpanrb, menjelaskan rincian berbagai formasi yang dibutuhkan dalam penjeringan Calon Pegawai Negeri Sipil tersebut.

Jumlah penetapan merupakan total dari kebutuhan untuk instansi pusat sebanyak 90.690 dan instansi daerah sebanyak 439.338.

Kebutuhan daerah terinci sebanyak 319.716 PPPK Guru, 92.014 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 27.608 PPPK Tenaga Teknis.

Itulah beberapa lowongan Pendaftaran CPNS 2023 serta formasi penerimaan CPNS tahun 2023, semoga Calon Pegawai Negeri Sipil bersabar dan rilisan lebih lengkap akan segara di umumkan oleh pemerintah mengenai pendaftaran CPNS.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.