Produk Perbankan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Sebagai lembaga legal yang bertugas menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk utang, perbankan memiliki produk yang cukup banyak. Ada cukup banyak produk perbankan paling populer selama ini.

Baik bank konvensional atau pun bank syariah, semuanya memiliki produk perbankan yang dihadirkan untuk nasabah sesuai dengan tujuan keuangannya. Berikut kami berikan informasi terkait apa saja produk perbankan yang beredar di tengah masyarakat, yuk cek!

Produk Perbankan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Tabungan bank

Produk Perbankan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Tabungan adalah produk perbankan paling populer yang sudah umum digunakan dan biasanya ditawarkan ketika nasabah mempunyai kebutuhan untuk menabung atau sekadar menyimpan uang.

Keamanan menabung di bank memang terjamin sehingga nasabah tak perlu khawatir menggunakan produk perbankan yang satu ini. Tabungan juga sangat dibutuhkan ketika Anda bekerja karena pada umunya penghasilan yang di dapatkan dari kantor akan di transfer melalui rekening dan masuk ke dalam tabungan bank.

Tabungan mempunyai beberapa fitur, salah satunya terdapat fitur penarikan atau pemindahan dana yang bisa digunakan setiap saat. Saat ini jenis tabungan perbankan telah menawarkan beberapa keuntungan yang disesuaikan dengan tujuan nasabah dalam menabung.

Baca Juga:   Beda Bank Syariah dan Bank Konvensional, Yuk Simak!

Secara umum, tabungan juga telah menawarkan beberapa jenis tabungan seperti tabungan haji, tabungan berencana, hingga tabungan berjangka.

Deposito

Produk Perbankan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Sebagai produk perbankan paling populer juga, Deposito memiliki beberapa fungsi yakni sebagai sarana penyimpanan uang atau dana para nasabah. Fungsi deposito hampir sama dengan tabungan namun keduanya memiliki perbedaan.

Kalau tabungan merupakan simpanan yang bisa diambil sewaktu – waktu sementara deposito hanya bisa diambil sesuai kesepakatan bersama. Jika diambil sebelum tanggal kesepakatan jatuh tempo maka nasabah akan terbebani dengan biaya penalty.

Secara umum, nasabah dapat menggunakan produk perbankan ini dengan dana yang tersimpan di dalam deposito berkisar mulai dari 1 hingga 36 bulan. Nasabah bisa memilih jangka waktu mana yang sesuai dengan tujuan keuangannya.

Dengan manfaat simpannya tersebut, deposito bahkan menjadi sebuah produk yang dikategorikan sebagai instrumen investasi jangka pendek.

Kredit

Produk Perbankan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Fasilitas kredit yang dihadirkan oleh setiap lembaga perbankan sejatinya merupakan salah satu dari tiga fungsi bank yang dapat membantu masyarakat. Dengan produk satu ini, lembaga bank bisa membantu seseorang atau badan usaha untuk bisa membeli suatu barang yang diinginkan dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga:   Apa Syarat Pinjaman Uang di Bank Syariah? Simak 5 Syarat dan Caranya Disini!

Ketentuan tentang kredit sebagai produk perbankan telah tercantum pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 1998.

Setiap orang yang menggunakan produk perbankan harus memahami bahwa terdapat elemen jangka waktu, bunga, jaminan hingga biaya administrasi yang diakumulasi pada tagihan kredit tersebut.

Selain itu, kredit juga memiliki manfaat dalam mendorong pertumbuhan dan perluasan ekonomi masyarakat, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat hingga dapat menjadi modal usaha dan sumber dana pengembangan usaha.

Online banking

Produk Perbankan Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Produk perbankan yang juga populer dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah online banking. Online banking merupakan salah satu layanan jasa yang memberikan kemudahan kepada nasabah untuk bertransaksi serta mengelola finansial  di mana saja dan kapan saja.

Online banking di Indonesia saat ini telah terbagi menjadi tiga jenis yakni SMS banking, internet banking dan mobile banking melalui aplikasi. Layanan jasa dalam produk perbankan tersebut dapat memungkinkan bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi, seperti mengirim uang, pembayaran tagihan rutin hingga sebagai metode pembayaran pembelanjaan.

Demikianlah ulasan mengenai produk perbankan paling populer yang kerap digunakan oleh masyarakat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.