Sejarah Berdirinya PSSI Dari U-10 Hingga Timnas Senior, Wajib Kalian Tau!

Sepak bola indonesia mulai menggeliat di kancah internasional walaupun masih jauh dari kata dunia hal ini tidak meyurutkan semangat para pemain serta masyarakat indonesia. PSSI sebagai wadah asosiasi sepak bola indonesia di rasa cukup memiliki tanggung jawab yang sangat besar bagi kesuksesan persepakbolaan nasional.

Sebagai salah satu organisasi yang menaungi olahraga sepak bola, PSSI jatuh bangun demi menjaga eksistensinya dalam menggangkat harkat martabat bangsa. Walaupun banyak polemik internal akan tetapi optimisme masyarakat tetap menggantungkan harapan kepada PSSI.

Sejarah yang sangat panjang sampai bisa berdirinya PSSI tentu bukan hal yang mudah, karna di bawah pengaruh belanda segala sesuatu menjadi sangat terawasi oleh pihak kolonial, bahkan sebelum Indonesia merdeka sepak bola yang saat itu namanya sepak raga menjadi sorotan, akan tetapi seorang pemuda asli Indonesia yang bernama Soeratin yang mengenyam pendidikan sipil dengan gelar Insinyur di Heckelenburg Jerman yang telah menyelesaikan pendidikanya pada tahun 1927.

Tak lama berselang tidak sampai satu tahun setelah setibanya ke tanah air setelah berhenti dari perusahaan belanda bernama “Sizten en Lausada” beliau aktif di kegiatan persepakbolaan rakyat serta sering mengadakan pertemuan antar pemuda Indonesia untuk membentuk nasionalisme para pemuda melalui yang kala itu memanggilnya “sepak raga” mencetuskan gagasan pembentukan sebuah organisasi persepakbolaan nasional yaitu PSSI yang kala itu namanya “Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia”

Bandung, Yogyakarta dan Solo menjadi saksi kota dalam terbentuknya pergerakan pembentukan PSSI yang di hadiri oleh Daslam Hadiwasito, Amir Notopratomo dan lain-lain, ini adalah awal embrio PSSI lahir yang saat itu memiliki nama Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia (PSSI).

Baca Juga:   5 Langkah Efektif untuk Menguasai Lateral Raises yang Efektif

Akan tetapi pada mula terbentuknya PSSI pada tahun 1930 kemudian pada tahun 1950 Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia (PSSI) di ganti menjadi Persatoean Sepak Bola Seloeruh Indonesia (PSSI) dengan tujuan mengedepankan permainan bola ketimbang olah “raga” (sepak raga)

Daftar Sejarah Kompetisi Liga PSSI

  1. Liga Perserikatan dan Liga Sepak Bola Utama (Galatama) – pertama kali kenali publik pada tahun 1970-an akan tetapi resmi di kukuhkan pada Sidang Paripurna pada tanggal 6-8 Oktober 1978 serta pagelaran musim pertama pada tanggal 17 Maret 1979 sampai 6 mei 1980.
  2. Liga Indonesia – Liga Indonesia pada awalnya liga sepak bola indonesia sebagaimana Galatama setelah itu berganti nama menjadi liga Indonesia pada tahun 1994
  3. Liga Super Indonesia – awal penyelenggaraan pertama kali pada tahun 2008. Kompetisi liga tersebut di haruskan mengikuti pernyataan FIFA bahwasanya paling sedikit harus terdapat 18 klub untuk bisa ikut kompetisi.
  4. Liga 1 – Pada tahun 2017 Liga Super Indonesia di ganti menjadi Liga 1 oleh ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi

Dengan gempuran kompetisi dari berbagai negara lain Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia harus siap dalam perlawanan untuk mempertahankan nama indonesia di kancah internasional, maka dari itu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia memiliki stategi cabang pemain yang telah di siapkan bertanding baik di dalam maupun di luar negri. berikut daftar tim nasional PSSI yang siap bertanding

Baca Juga:   6 Teknik Olahraga Anggar untuk Pemula Wajib Anda Ketahui

Tim Nasional Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

  1. Timnas U-10
  2. Timnas U-11
  3. Timnas U-12
  4. Timnas U-13
  5. Timnas U-14
  6. Timnas U-15
  7. Timnas U-16
  8. Timnas U-17
  9. Timnas U-18
  10. Timnas U-19
  11. Timnas U-20
  12. Timnas U-21
  13. Timnas U-22
  14. Timnas U-24
  15. Timnas Senior

Tim Nasional atau yang di singkat dengan istilah Timnas tersebut memiliki akhiran sebelum angka yaitu “U”. Sebagian kita sering mengucapkan akan tetapi tidak sedikit yang mengetahui arti dari hurup “Timnas U-” tersebut. “U” tersebut adalah “Under” atau artinya di “bawah”. Ya.. pada dasarnya maksud dari di “bawah” tersebut adalah bahwasanya pemain berada di kriteria di bawah usia dari angka tersebut, misal contoh “Timnas U-12” tahun, artinya pemain harus berusia 12 atau di bawah usia 12 tahun.

Contoh lainya adalah “Timnas U-24” artinya pemain tidak boleh lebih dari 24 tahun dan harus 24 atau di bawah 24 tahun.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai PSSI semoga dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan kita.

Semangat olahraga dan maju sepakbola Indonesia

Baca Juga Berita Terbaru Lainnya di Google New

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.