6 Tips Siapkan Dana Mudik Lebaran Idul Fitri

Lebaran 2022 akan segera tiba. Dari sini banyak orang sudah mulai bersiap-siap menyambutnya. Salah satu persiapan yang dilakukan masyarakat untuk momen lebaran kali ini adalah mudik. Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Jangan khawatir, Ini 6 Tips Siapkan Dana Mudik Lebaran Idul Fitri yang bisa anda pelajari dibawah ini.

Setelah sekian lama tidak berjumpa dengan orang tua dan kerabat, jelang lebaran, banyak umat muslim yang memanfaatkannya untuk mudik ke kampung halaman. Nah bagi Anda yang juga berencana mudik, sebaiknya sudah menyiapkan beberapa hal, termasuk dana atau budget. Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

Tips Siapkan Dana Mudik Lebaran Idul Fitri

1.  Persiapkan jauh-jauh hari

Tips pertama agar mudik lancar adalah persiapkan segala sesuatunya terutama dana terlebih dahulu. Jika memang Anda merencanakan mudik ini jauh-jauh hari, maka jangan lupa untuk mempersiapkannya dari awal. Dana untuk perjalanan ini memang tidak sedikit.

Apalagi jika Anda mudik bersama keluarga dengan tujuan yang jauh, budget bisa sangat besar. Jadi, jika bisa mencicil atau menyimpan dana mudik ini jauh-jauh hari, mudik tidak akan terlalu memberatkan ketika saatnya tiba.

2. Buat Rencana yang Jelas

Saat pulang, Anda memang butuh perencanaan. Dengan perencanaan yang baik dan jelas, mudik Anda akan lebih mudah dan nyaman. Jika Anda memang berencana untuk pulang tahun ini, Anda bisa menjadwalkan waktunya dari awal. Dengan menjadwalkan mudik sejak awal, Anda akan bisa pulang dengan lancar karena minim kemacetan. Dengan pulang lebih awal, Anda yang naik angkot juga akan mendapatkan harga normal sebelum kenaikan.

Baca Juga:   LinkAja Syariah DiTahun 2022 Sudah Bisa Tarik Tunai Saldo Lewat ATM BSI

3. Siapkan Tabungan Khusus

Anda memang perlu melakukan tabungan khusus untuk dana mudik yang besar. Dengan tabungan khusus ini, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan. Anda tidak harus membuka rekening baru di bank, tetapi Anda bisa menyiapkan sendiri tempat menabung di rumah untuk keperluan mudik. Dengan tabungan khusus mudik, Anda tidak akan terganggu dengan anggaran lain karena dipisahkan.

4. Manfaatkan THR

Jika Anda seorang pekerja atau karyawan yang berhak atas THR (Tunjangan Hari Raya) tahun ini, maka Anda bisa menggunakannya sebagai bagian dari anggaran mudik. Dengan THR, Anda memang akan terbantu untuk pulang. Namun terlebih dahulu Anda harus memastikan besaran THR yang akan didapatkan, agar anggaran mudik benar-benar bisa terpenuhi.

Baca Juga:   10 Tips Efektif Perawatan Mobil Sebelum Mudik Lebaran

5. Kelola Keuangan Selama Ramadhan

Tips menyiapkan dana mudik lebaran selanjutnya adalah mengatur keuangan selama bulan Ramadhan. Meski berpuasa di bulan Ramadhan, bukan berarti bisa menghemat banyak uang. Justru saat Ramadhan, banyak dari mereka yang merasa banyak belanja. Maka dari sini, Anda yang berencana mudik harus bisa mengatur keuangan yang ketat selama Ramadan agar bisa menyisihkan dana untuk mudik.

6.  Pertimbangkan Mencari Penghasilan Tambahan

Terakhir, tips menyiapkan dana mudik Lebaran adalah mencari penghasilan tambahan. Jika memang merasa tidak cukup dana untuk mudik, maka mau tidak mau Anda harus mencari penghasilan tambahan. Caranya, Anda bisa berbisnis dengan menjual beberapa barang untuk keperluan Idul Fitri atau takjil selama Ramadhan. Selain itu, Anda juga bisa mencari pekerjaan tambahan di luar pekerjaan utama Anda. Semua ini dilakukan karena pasti ada tambahan dana yang dibutuhkan untuk mudik dan juga mudik.

Nah, Itulah 6 tips siapkan dana mudik lebaran idul fitri yang bisa Anda terapkan untuk mempersiapkan mudik lebaran. Tentunya tips-tips di atas perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh agar mudik yang direncanakan bisa terwujud.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.